Pre-Processing dalam pemetaan sebaran banjir menggunakan Hec-GeoRAS

Tahap pre-processing merupakan tahap persiapan bahan atau komponen yang akan digunakan dalam melakukan simulasi aliran pada HEC-RAS. Pre-processing menghasilkan data geometri yaitu informasi fisik sungai yang diperoleh pada tiap penampang melintang.

1. Aktifkan HEC-GeoRAS pada ArcMap.

2. Atur proyeksi data frame terlebih dahulu sebagai sistem koordinat dasar sehingga pengolahan data akan mengikuti sistem proyeksi frame (PENTING!!). Jika tidak diatur terlebih dahulu, maka sistem koordinat frame akan mengikuti proyeksi pada data yang pertama kali di inputkan. Hal ini sering menjadi faktor penyebab error dalam pengolahan data selanjutnya.
Klik kanan pada “layer” - properties -Coordinate systems - Projected Coordinate systems - UTM - WGS84 - Southern hemisphere - zone 48S. Ok! (Sesuaikan dengan lokasi wilayah kajian)
-          Sistem koordinat Geographic: koordinat berupa satuan derajat (lintang bujur)

-          Projected coordinate system: koordinat berupa jarak (meter)

            3. Input data DEM dan shp wilayah. Lakukan pemotongan (clip) sesuai shp wilayah untuk membatasi proses pada wilayah kajian.
Arctoolbox - data management tools - Raster - Raster processing - Clip
Input raster = data DEM
Output Extent = shp wilayah
Output raster dataset = tempat penyimpanan
 OK!





      

     4.  Input peta sungai dari google earth yang telah di download sebagai peta dasar dan peta jaringan sungai sebagai pemandu lokasi sungai.


5.   Buat kontur wilayah untuk membantu pembuatan geometri sungai.
6. Membuat layer streamline(river), bank station, flowpath dan cross section pada toolbar hec georas.

Komentar

Postingan Populer