Model Geometri Sungai menggunakan Hec-GeoRAS

Model geometri sungai merupakan suatu tahapan awal dalam membuat pemodelan sebaran banjir menggunakan aplikasi HEC-GeoRAS yang terintegrasi ArcMAp. komponen yang dibuat diantaranya stream centerline, bank line, flowpath dan cross section. Membuat model geometri perlu disesuaikan dengan kontur wilayah. Terutama dalam melakukan digitasi cross section, garis digitasi harus tegak lurus/memotong dengan garis kontur.

-          Stream centerline
Merupakan suatu garis tunggal yang merepresentasikan pusat aliran sungai (main channel). RAS Geometry - Create RAS Layers - stream centerline
Klik pada layer River - editor - start editing
Create features (kanan layar laptop) - pilih river - pada construction tools pilih “line”

Mulai digitasi pada bagian TENGAH sungai dari hulu ke hilir

Stream centerline
Editor - stop editing
Beri identitas pada sungai, 
o   River name= Citarum
o   Reach name= 1

-          Bank Line
Atau batas kiri dan kanan sungai (left channel and right channel). Digitasi batas kiri dan kanan sungai dari hulu ke hilir. Digitasi sebelah KIRI aliran terlebih dahulu.  RAS Geometry - Create RAS Layers - Bank lines

Bankline
Editor - stop editing

-          Flowpath Centerlines
Atau batas terjauh daratan banjir berdasarkan riwayat kejadian banjir.  RAS Geometry - Create RAS Layers - Flowpath Centerlines.  Lakukan cara yang sama seperti membuat bank lines.  Digitasi batas kiri dan kanan limpasan banjir terjauh dari hulu ke hilir. Digitasi sebelah KIRI aliran terlebih dahulu.

Flowpath
 Editor - stop editing
Beri identitas flowpath, klik
Klik flowpath dan river satu persatu dan beri identitas jenis garis (left, center atau right)

-          Cross Section (Penampang melintang)
Penampang melintang yang dibuat merupakan sampel permukaan daratan banjir (informasi topografi daratan) yang diambil berdasarkan kontur dari data DEMSemakin banyak dan rapat penampang melintang, semakin baik model geometri dalam merepresentasikan kondisi fisik dataran banjir.

RAS Geometry - Create RAS Layers - XSCut line. Tarik garis secara melintang kiri ke kanan dari hulu ke hilir melebihi batas flowpath. Penampang dibuat memotong kontur dan tegak lurus dengan garis streamlines.
Editor - stop editing
Cross section
Geometri data yang selesai dibuat, kemudian dilengkapi dengan informasi attribute sungai dan penampang melintangnya serta jenis terrain yang diigunakan dalam model tersebut (TIN or GRID).
RAS Geometry - Layer setup - GRID or TIN (Dalam tutorial ini, gunakan GRID - data DEM)
RAS Geometry - stream centerline attributes - all
RAS Geometry - XSCut attribute - all
RAS Geometry - export RAS Data - tentukan lokasi penyimpanan - OK

Komentar

Postingan Populer