Komposit Band Citra Satelit

Data citra satelit yang diperoleh tidak dapat langsung digunakan karena tampilannya yang masih hitam putih. Citra ini masih terdiri dari beberapa band (kanal) yang terpisah berdasarkan panjang gelombangnya. Sehingga untuk dapat menampakan warna citra yang diinginkan perlu kombinasi beberapa band. Proses ini disebut komposit band. Band yang tersedia pada citra satelit biasanya terdapat pada panjang gelombang visual (Red, Green, Blue), Inframerah (NIR, SWIR), Pankromatik yang memiliki resolusi lebih tinggi dari band lainnya serta  band thermal. Ada beberapa band dengan panjang gelombang yang lebih panjang untuk keperluan analisis cuaca untuk bisa mendeteksi awan, maupun partikulat.
                Komposit band dilakukan dengan menggabungkan 3 band untuk membuat tampilan citra sesuai dengan keperluan analisis yang dibutuhkan. Penomoran band pada tiap citra satelit berbeda. Contoh pada citra satelit landsat 7 dan 8. Dalam pengkombinasian band, lebih baik perhatikan besar panjang gelombangnya atau jenis band itu.


 Kalian bisa melakukan komposit band landsat 8 seperti pada table dibawah ini.


Setiap Band memiliki panjang gelombang yang berbeda sehingga pemanfaatannya dalam komposit ditentukan berdasarkan capaian panjang gelombang pada objek tertentu.


ArcMap salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan komposit band. Inputkan band yang akan digunakan dengan tarik langsung file ke ArcMap. Jika terdapat perintah “Build a Pyramid… “ pilih yes untuk membuat file .ovr yaitu file extention supaya data tersebut dapat mudah dibuka kembali di ArcGis. Setelah menginputkan band yang akan digunakan. Sebagai contoh dalam tutorial ini komposit band untuk tampilan citra Natural Color menggunakan Landsat 8 adalah 432 (Red, Green, Blue). Urutkan dahulu bandnya 

 Pilih windows – Image analysis


Blok ke3 Band yang akan di komposit, pilih tombol Komposit Band




Save hasilnya dalam format tiff. Klik kanan pada data yang akan di simpan – Data – Export Data


Tentukan lokasi penyimpanan, nama file, jenis file yang akan disimpan dan NoData as ganti menjadi 0. Untuk mengubah grid yang tidak memiliki data mempunyai nilai Digital Number “0” dan akan berwarna hitam. Komposit band selesai


Author: Rinanda

Semoga Bermanfaat.. 😄

Komentar

Postingan Populer