Pemanfaatan Aplikasi WRPlot (Wind Rose Plot) dalam menentukan sebaran asap letusan Gunung Agung Bali

Belum lama ini, gunung tertinggi di pulau dewata bergemuruh akhir November 2017 lalu tepatnya erupsi pertama terdengar di 21 November 2017 setelah lama berada dalam pengawasan PVMBG Bali karena adanya peningkatan aktivitas vulkanologi. Pulau yang menjadi destinasi pariwisata turis lokal maupun mancanegara, banyak menghadapi kendala terutama dalam transportasi penerbangan terkait adanya letusan ini. Asap dan debu vulkanik yang dapat mengganggu jarak pandang pilot, juga dapat berdampak pada kerusakan mesin dan body pesawat. Hal ini menyebabkan banyak penerbangan dan kedatangan yang dibatalkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Untuk menghindari pesawat melewati daerah sebaran asap, maka perlu diketahui arah dan kecepatan angin yang membawa asap dan debu tersebut serta wilayah yang dilaluinya. Salah satu software yang digunakan untuk menganalisis angin adalah WRPlot.

Data yang dibutuhkan untuk menganalisis pergerakan angin adalah data kecepatan dan arah angin harian. Data tersebut dapat di download di ogimet (Tutorial download data cuaca di Ogimet). Data yang sudah diperoleh disusun di excel dalam susunan kolom Tahun, Bulan, Hari, Jam, Arah, Kecepatan. Arah angin disini harus di konversi dalam bentuk derajat karena hasil dari ogimet masih berbentuk simbol. Satuan kecepatan angin perlu dikonversi dari km/jam ke m/s. Konversi arah mata angin dapat menggunakan rumus “IF” dimana masing-masing arah mata angin memiliki besaran sudut masing-masing.







Setelah di konversi, buat satu file excel terpisah untuk tiap analisis “wind rose” yang terdiri dari 6 kolom Tahun, bulan, hari, jam (1-24 atau 0-23), arah, kecepatan tanpa penggunaan istilahnya di baris atas. Berarti baris pertama sudah merupakan data hari pertama. Urutan jam terus berlanjut (kontinu) ke data yang selanjutnya. Misal data yang digunakan bulan November dan desember, di data 30 November jam berakhir di jam 5 (0-23) maka di data 1 desember, jam dimulai dari jam 6.

Setelah data excel selesai, import data ke WRPlot.


Buka WRPlot - Pilih Tools – Import from excel


Jika file excel tidak muncul di specify file, pastikan format file sesuai dengan permintaan WRPlot. Misal file yang diminta format excel tahun 97-2003 biasanya terdapat di WRPlot versi lama.

Import data from excel

Tambahkan Informasi Stasiun
Lakukan pengaturan di “station information”
Terdapat informasi lokasi stasiun, letak lintang bujur, zona waktu dan serta ketinggian stasiun yang perlu diisi. Setelah infomasi sudah sesuai, save data dalam format “.sam”. lalu import file.

Save data format .sam
Data yang sudah dipersiapkan dalam format “.sam” bisa langsung di “add file” untuk kemudian dilakukan analisis.

Add File
 Hasil Wind Rose bulan November dan Desember 2017 Bandara I Gusti Ngurah Rai
Wind Rose November
Wind Rose Desember
         Windrose pada bulan November 2017 yang terukur di Bandara Ngurah Rai Bali menunjukkan Arah angin beragam dengan kecepatan angin antara 0.5 sampai 3.6 m/s. Saat letusan Gunung Agung terjadi pada tanggal 21 November, arah angin secara dominan bergerak ke arah timur, menyebabkan penerbangan rute Bali terganggu sehingga terjadi banyak pembatalan penerbangan dari dan menuju Bali khususnya Lombok, Kuala Lumpur, Australia dan sekitarnya. Pembatalan ini berlangsung sampai awal bulan Desember. Begitupun untuk data pada Bulan Desember, dominan arah angin bergerak di timur Indonesia dengan kecepatan mencapai 8.8 m/s. Hal ini pun didukung kondisi Indonesia yang berada pada musim hujan sehingga dilewati angin muson barat yang membawa uap air dari daerah Asia ke Australia.


Komentar

  1. Permisi. Cara untuk menentukan arah dominan angin yg frekuensinya hampir sama gmn ya? Contoh: selatan 23.39, barat daya 24.12

    BalasHapus
  2. Saya masih bingung ini caranya agar tidak menggunakan waktu karena dapat data dari BMKG tanpa ada waktu cuman perhari saja itu di wrplot atau windrose saya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo ka, apakah sudah menemukan jawabannya? saya juga begini soalnya ka

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer