Penentuan NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) Pada Citra Satelit

NDVI digunakan sebagai parameter tingkat kesuburan suatu wilayah dari reaksi klorofil (zat warna hijau daun) pada panjang gelombang dari cahaya matahari. Panjang Gelombang dari Cahaya matahari mengalami berbagai perilaku saat menyentuh objek yaitu diserap (absorbed), dipantulkan (reflected) atau dibiaskan (refracted) berdasarkan warna pada objek tersebut. Klorofil yang berwarna hijau, menyerap cahaya tampak (0.4 – 0.7 µm) untuk proses fotosintesis dan memantulkan near-infrared (NIR) (0.7 – 1.1 µm). Semakin subur atau semakin banyak klorofil maka semakin besar NIR dan semakin kecil nilai Visible yang terekam begitupun sebaliknya.


Nilai NDVI berada pada rentang +1 sampai -1 dimana semakin mendekati nilai +1 maka semakin subur wilayah tersebut. Sedangkan semakin mendekati -1 maka semakin tidak terdapat klorofil atau kering sehingga dapat juga digunakan sebagai indikator kekeringan. Sebagian besar iklim, perumbuhan tanaman dibatasi oleh jumlah air. Sehingga kepadatan vegetasi dapat dijadikan sebagai indikator kekeringan pertanian. Nilai NDVI tidak pernah bernilai 0 karena mengindikasikan tidak adanya tanaman (Earth observatory, 2018). Band (kanal) yang digunakan dalam penentuan NDVI adalah Band Visible dan NIR atau Band 5,4 untuk Landsat 8 dan Band 4,3 untuk Landsat 7.
Untuk melakukan perhitungaan raster pada ArcGis, dapat menggunakan Tools Raster Calculator
Inputkan citra satelit Band 5 dan 4, ArcToolBox – Spatial Analyst Tools – Map Algebra - Raster Calculator.


Masukkan rumus NDVI. Tambahkan “Float” supaya hasilnya menjadi decimal. Karena data dalam operasi perhitungan ini merupakan data Digital Number (DN) sedangkan hasil yang diharapkan berbentuk Decimal, bukan hanya 1, 0, -1. Rumusnya menjadi


Hasilnya sebagai berikut



Hasilnya menunjukkan rentang nilai NDVI berada pada selang +1 sampai -1. Lokasi yang banyak tanaman ditunjukkan hasil yang berwarna hijau dan lokasi yang minim klorofil berwarna jingga sampai merah merupakan daerah pemukiman dan badan air.

Komentar

Postingan Populer